Fungsi dan Tujuan Memasang Iklan

Iklan merupakan hal yang sangat penting bagi para pelaku bisnis sebagai alat komunikasi  untuk memperkenalkan produknya agar di kenal oleh masyarakat. Secara umum fungsi dan tujuan iklan adalah :

  • Memberikan informasi

Iklan di gunakan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai produk/jasa perusahaan. Informasi tersebut dapat berupa menjelaskan mengenai kegunaan, kemampuan, cara kerja, keunggulan, kualitas, serta harga produk/jasa perusahaan. Informasi mengenai produk/jasa perusahaan sangat di perlukan terutama bagi produk/jasa perusahaan yang baru di pasarkan.

  • Membujuk

Iklan bersifat membujuk masyarakat untuk melakukan pembelian terhadap produk/jasa perusahaan juga diharapkan  akan melakukan pembelian ulang. Tujuannya adalah menciptakan permintaan terhadap produk atau merek tersebut. Hal ini penting bagi persaingan produk, dengan meyakinkan akan keunggulan produk atau merek perusahaan terhadap produk pesaing dan di harapkan dapat mengubah persepsi masyarakat terhadap produk tersebut.

  • Mengingatkan

Iklan juga bertujuan mengingatkan kembali kepada masyarakat terhadap produk/jasa perusahaan. Ketika masyarakat membutuhkan produk atau merek tertentu, maka mereka akan mengingat produk atau merek perusahaan untuk memenuhi kebutuhannya sekarang dan di masa yang akan datang.

  • Memberikan Nilai Tambah

Dengan iklan yang efektif dapat memberikan nilai tambah terhadap produk atau merek tertentu sehingga produk/jasa perusahaan dapat dipersepsikan lebih mewah, lebih modern, lebih fleksible, lebih bergaya dan lebih bergengsi. Sehingga sesuai dengans ekmentasi pasar produk tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *